Pijakan Jejak..

Wednesday, January 12, 2011

Home » , » Manfaat Shalat Sunnat 2
Comment

Manfaat Shalat Sunnat

  
Ada saja sebuah pandangan tentang shalat sunnat yang menyatakan bahwa tentunya shalat sunnat itu tidak lah wajib. Dan yang utama itu shalat fardlunya saja. Namun, perlu kita ketahui beberapa fakta penting di balik bandangan primitif di atas yang terkait dengan shalat sunnat.
Shalat sunnat mampu menyempurnakan segala kekurangan yang terdapat pada shalat fardlu. Selama ini kita sadari bahwa shalat fardlu yang kita laksanakan mungkin masih banyak kekurangannya, banyak sekali bolong-bolongnya yang disebabkan oleh kelalaian kita sendiri. Ketika di tengah-tengah shalat, pikiran kita kadang melayang entah ke mana yang otomatis menjadikan ibadah kita tidak khusyuk lagi. Dan antara gerakan lisan dengan gerakan hati masih belum seirama. Maka dari itu, dengan shalat sunnat lah kita kikis kecacatan ibadah semacam itu. 
Rasulullah saw. bersabda: “pertama kali yang dihisab dari seorang hamba pada Hari Kiamat adalah shalatnya. Jika dia menyempurnakannya, maka shalat itu akan dicatat sempurna untuknya. Jika tidak menyempurnakannya, maka Allah swt. berfirman pada malaikatnya: “lihatlah, apakah kalian mendapati hambaKu melaksanakan shalat sunnat, sehingga kalian bisa menyempurnakan shalat wajibnya dengan shalat sunnat tersebut? ”kemudian zakat juga demikian, lalu amal-amal perbuatan itu dihisab berdasarkan hal tersebut” (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad)
Berdasarkan hadits di atas, apa lagi yang membuat kita enggan mendapatkan catatan yang sempurna di mata Allah? Malas? Alasan klasik yang tak relevan.
Dan selain kesempurnaan ibadah di atas, shalat sunnat pun mampu meningkatkan derajat diri kita sebagai hambaNya yang beriman. Caranya, perbanyaklah sujud. Artinya, kita dianjurkan lagi untuk menggencarkan shalat sunnat. Di setiap 2 rakaat shalat sunnat terdapat 4 kali sujud. Dalam sebelas rakaat shalat qiyamul-lail terdapat 22 kali sujud. Belum lagi shalat sunnat lainnya. 
Rasulullah saw. pun bersabda:engkau harus banyak bersujud, sebab setiap kali engkau bersujud kepada Allah, Dia pasti mengangkat satu derajatmu dan menghapus satu kesalahanmu”. (Riwayat Muslim)
Belum cukup, dengan memperbanyak shalat sunnat kita akan merasakan nikmatnya dicintai Allah. Nah, kalau begitu siapa pula yang tak menginginkannya? 
Abu Hurairah r.a bercerita bahwa Rasul saw. bersabda: Siapa saja yang memusuhi kekasih-Ku, maka aku nyatakan perang kepadanya. Sesuatuyang paling Aku sukai dari yang dikerjakan hamba-Ku untuk mendekatkan diri kepada-Ku, yaitu apabila ia mengerjakan apa yang telah Aku wajibkan kepadanya. Seseorang itu senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah, sehingga Aku mencintainya. Apabila Aku mencintainya, maka Aku merupakan pendengaran yang ia pergunakan untuk mendengar, Aku merupakan penglihatanyang ia pergunakan untuk melihat, Aku merupakan tangan yang ia pergunakan untuk menyerang dan Aku merupakan kaki yang ia pergunakan untuk berjalan. Seandainya ia memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya, seandainya ia berlindung diri kepada-Ku, niscaya Aku melindunginya.” (HR. Bukhari)
Maka dari itu, marilah kita bersama-sama mulai dari sekarang untuk memperbanyak dan membiasakan diri dalam melakukan shalat sunnat. Dan dianjurkan pula, ketika hendak melaksanakannya supaya sering dilakukan di rumah. Karena sebagaimana sabda Rasul saw. : “kerjakanlah sebagian shalat kalian di rumah, dan jangan jadikan rumah kalian sebagai kuburan” (Riwayat Bukhari dan Muslim). Wallahu A’lam,,
 

Related Post

Share |

2 komentar:

Post a Comment

Photobucket Photobucket Photobucket
 
 

About Me

My photo
Bismillah. perkenalkan saya Zanck. saya masih seorang Pelajar yang sampai saat ini masih terus berusaha tuk menuntut ilmu yang bermanfaat. Mau tahu saya lebih banyak,,,? Click this Out..